Jumat, 27 Mei 2022

Berseteru dengan Aktor Karena Perempuan





 Verol diam-diam mencintai Sarah, seorang sahabat yang malah cinta mati pada Indra hingga dibuat hamil di luar nikah. Meski cintanya bertepuk sebelah tangan, Verol tetap berada di samping Sarah sampai ia melahirkan. Verol mau, Indra tahu bahwa ia dan Sarah punya bayi perempuan. Perlukah sejauh itu Verol terlibat urusan pribadi Sarah?

Andai bisa memilih, inginnya saya berada di posisi hanya sebagai tempat curhat-nya Verol, aktor layar lebar dan konten kreator podcast. Dengan begitu saya tidak harus memberi jawaban dari pertanyaannya, “Haruskah gue bilang ke laki-laki itu, kalau dia punya anak perempuan dari Sarah? Jawab Mbak. Kalau Mbak bilang iya, sekarang juga gue datengin laki-laki itu biar dia berhenti ‘mainin’ perempuan-perempuan lain dan bertanggung jawab pada Sarah!”

Tak ada kalimat yang keluar dari mulut saya selain memberi tepukan pelan pada bahu kanannya mewakili kalimat, “Sabar Ver, sabar.” Saya biarkan Verol menangis beberapa saat. Namun hingga tangisan dan luapan emosinya mereda, saya tetap tidak berani untuk memberi jawaban. Saya malah bertanya, “Are you okay? Sudah makan? Mau saya pesankan menu kesukaanmu?” dengan suara selembut mungkin.

Verol dan Sarah sudah menjalin persahabatan selama lima tahun. Berawal dari sama-sama dalam satu set judul film layar lebar, pertemanan keduanya berlanjut hingga di luar lokasi syuting. Berkali-kali digosipkan berpacaran, baik Verol maupun Sarah enggak peduli atau merasa harus memberikan klarifikasi penyangkalan. Persahabatan keduanya malah makin solid.

Diam-diam sudah tiga tahun Verol mencintai Sarah tapi tidak pernah diungkapkan karena tahu cintanya Sarah hanya buat Indra, yang kabarnya menjadi aktor dengan bayaran termahal dan bintang endorsement paling laku. Verol malah mengungkapkannya ke saya, sebagai tempatnya curhat.

Sarah bucin banget sama Indra dan Indra memanfaatkannya. Laki-laki yang berasa paling ganteng itu, tidak pernah menghargai perasaan Sarah. Dia menjalin hubungan dengan Sarah tanpa berhenti TTM-an dengan gadis-gadis lain mulai dari selebgram hingga gamers kondang. Soal duit Indra memang enggak pelit. Ada banyak barang mewah yang diberikan buat Sarah. Tapi hubungan yang sehat bukan berlandaskan materi saja, bukan?

“Gue berkali-kali kasih tau, kalau Indra mesra-mesraan sama si A, B, C tapi Sarah enggak percaya kalau enggak lihat langsung. Giliran dikasih bukti-bukti, Sarah malah bilang, ‘Biarin aja Ver. Gue yang salah, segini cintanya ama Indra dan enggak bisa lepas. Gue udah berkali-kali tidur ama Indra, Ver. Gue sudah kasih semuaya ke dia. Lo pikir ada laki-laki baik di luar sana yang mau terima perempuan yang sudah ditidurin laki-laki lain?’. Selalu gitu jawaban Sarah, Mbak. Kasihan banget lihatnya. Segitu takutnya dia hadapi dunia di luar dia dan Indra,” cerita Verol pada saya.


Enggak banyak yang sadar kalau Sarah menghilang dari dunia pergaulan para selebritas. Mungkin karena Sarah masih update status di media sosial, tidak ada gosip miring tentangnya. Hanya Verol dan saya yang tahu bahwa tiga bulan sebelum melahirkan bayi perempuan, Sarah ‘sibuk’ menyembunyikan perutnya yang membuncit di rumah mewahnya. Sarah enggak kasih tahu ke Indra tentang kondisinya yang tengah hamil darinya. Alasannya bikin kepala saya pening: takut Indra malah menyangkal dan kabur. Sarah juga mengancam Verol agar menjaga rahasia ini.

Enggak ngerti juga, kenapa Indra percaya begitu saja ketika Sarah mengaku mau berlibur ke luar negeri. Hanya Verol yang lebih sering mampir ke rumah Sarah supaya tidak kesepian. Sarah juga sendirian setiap check-up kehamilannya ke rumah sakit. Berikutnya yang saya tahu dari Verol, Sarah menyerahkan bayi perempuan yang dilahirkan ke orangtua lain untuk diadopsi.

Dan sebulan setelah melahirkan, barulah Sarah keluar dari tempat persembunyiannya. Asli, enggak satupun media yang ‘mencium’ kejadian ini. Saya rasa keluarga Sarah pun tidak tahu karena sampai hari ini tidak ada tuntutan tanggung jawab ke keluarga Indra. Orangtua Sarah dan adik bungsunya menetap di lain benua. Sarah di Jakarta hanya ditemani ART.

Sungguh disayangnya, Indra malah memutuskan hubungan dengan Sarah. Berikutnya kerap diberitakan berfoto mesra di akun media sosialnya atau tampil akrab di tempat-tempat umum dengan perempuan berbeda. Sarah menderita lahir batin. Mengurung diri di dalam kamarnya hingga berhari-hari. Itulah kenapa, siang tadi Verol mengamuk dan meminta pertimbangan dari saya.


Lewat pesan singkat saya katakan ke Verol untuk bisa bersikap bijaksana dan memikirkan dengan matang efek yang ditimbulkan jika menemui Indra untuk membeberkan semua. Dia harus mendahulukan perasaan Sarah. Jauh lebih baik adalah fokus menyembuhkan luka hati Sarah.

Sungguh berharap, Sarah berani menghadapi kenyataan, mencoba berdamai, dan bisa kembali berkarier. Masa depannya pasti cerah jika dia berhasil move on dan menjalani semua dengan kesabaran tinggi. Lakukan yang terbaik di karier yang sudah membesarkan namanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar